KURANGNYA MINAT PESERTA DIDIK LAKI-LAKI DALAM PEMBELAJARAN SENAM IRAMA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SANDEN BANTUL

Astarinda, Dea (2021) KURANGNYA MINAT PESERTA DIDIK LAKI-LAKI DALAM PEMBELAJARAN SENAM IRAMA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SANDEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_dea astarinda_17601241043.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untu mengetahui faktor yang menyebabkan kurangnya minat peserta didik laki-laki dalam pembelajaran senam irama kelas VII di SMP Negeri 1 Sanden. Jenis penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif. Setting penelitian ini dilakukan di sekolah SMP Negeri 1 Sanden. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan pengamatan dengan tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan keimpulan/verifikasi . Keabsahan menggunakan triangulasi sumber yaitu, hasil wawancara dengan guru PJOK dan dokumentasi. Penelitian menunjukan bahwa faktor yang mempengaruhi kurangnya minat peserta didik laki-laki dalam pembelajaran senam irama kelas VII di SMP Negeri 1 Sanden yaitu berasal dari faktor instrinsik dan faktor ekstrinsik. (1) Faktor Instrinsik: karena sulit menghafal gerakan, peserta didik lebih tertarik dengan olahraga yang bersifat permainan, dan peserta didik cenderung malu saat melakukan gerakan senam irama. (2) Faktor eksternal: guru dalam mengajar pembawaanya masih terkesan kaku menurut peserta didik dan saat mengajar juga monoton.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dra. Farida Mulyaningsih, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: kurangnya minat, peserta didik laki-laki, pembelajaran senam irama
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 15 Oct 2021 02:26
Last Modified: 15 Oct 2021 02:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68360

Actions (login required)

View Item View Item