UPAYA MENINGKATAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM MIKROKONTROLER DENGAN METODE KOOPERATIF DI SMK NEGERI 2 PENGASI

Feri Sasana , Nurrahmad (2012) UPAYA MENINGKATAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM MIKROKONTROLER DENGAN METODE KOOPERATIF DI SMK NEGERI 2 PENGASI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi siswa kelas XI Elektronika Industri SMK Negeri 2 Pengasih Kulon Progo pada Mata Pelajaran Sistem Mikrokontroler. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas XI Elektronika Industri SMK Negeri 2 Pengasih. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi dan evaluasi. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan hasil pretest, postest serta lembar kegiatan siswa. Instrumen penelitian ini adalah lembar tes dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif, yaitu dengan cara mereduksi data, mendiskripsiskan data dan menyimpulkan hasil deskripsi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran trainer mikrokontroler seri AVR dengan metode pembelajaran kooperatif teknik STAD dapat meningkatkan kompetensi siswa, ditunjukkan dengan meningkatnya tiga aspek, yaitu aspek kognitif yang diketahui dari peningkatan hasil pretest siklus I nilai rata-rata 63,94 meningkat menjadi 67,44 pada siklus II, sedangkan hasil postest siklus I nilai rata-rata 76,19 meningkat menjadi 79,38 pada siklus II. Aspek afektif yang diketahui dari peningkatan afektif siswa pada saat mengikuti proses kegiatan belajar, peningkatan dapat ditunjukkan dari persentase rata-rata afektif siswa pada siklus I pertemuan pertama 60,78% pada pertemuan kedua meningkat menjadi 71,00%, afektif rata-rata siswa pada siklus II pertemuan pertama 79,69% pada pertemuan kedua meningkat menjadi 83,44%. Aspek psikomotorik yang diketahui dari peningkatan hasil nilai lembar kegiatan siswa pada siklus I pertemuan kedua menunjukan nilai rata-rata 74,22 dan meningkat menjadi 81,10 pada pertemuan kedua siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2012 00:38
Last Modified: 29 Jan 2019 16:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6836

Actions (login required)

View Item View Item