PERSEPSI SOSIAL DAN UPAYA PARA ORANG TUA, SUPORTER, DAN MASYARAKAT UNTUK MEMBANGUN KARAKTER FAIRPLAY DALAM SEPAKBOLA DI KABUPATEN GUNUNG KIDUL

Aji, Riski Baskoro (2020) PERSEPSI SOSIAL DAN UPAYA PARA ORANG TUA, SUPORTER, DAN MASYARAKAT UNTUK MEMBANGUN KARAKTER FAIRPLAY DALAM SEPAKBOLA DI KABUPATEN GUNUNG KIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tingkat persepsi sosial dan upaya orang tua, suporter dan masyarakat untuk membangun karakter fairplay dalam sepakbola di Kabupaten Gunung Kidul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan satu variabel yaitu persepsi sosial. Populasi yang digunakan meliputi orang tua, suporter dan masyarakat yang ada di Kabupaten Gunung Kidul. Pengambilan sampel dengan teknik random sampling. Selanjutnya ditentukan subyek sebanyak 75 orang yang terdiri dari 25 orang tua, 25 suporter dan 25 masyarakat. Instrumen penelitian yang digunakan adalah bentuk angket dengan 5 pilihan jawaban. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk tabel, grafik dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat persepsi sosial dan upaya orang tua untuk membangun karakter fairplay dalam sepakbola di Kabupaten Gunung Kidul termasuk dalam kategori baik sekali. Tingkat persepsi untuk masing-masing subyek yaitu: (1) Orang tua masuk dalam kategori baik sekali dengan rincian terdapat 24 orang tua (96%) masuk dalam kategori sangat tinggi dan 1 orang tua (4%) masuk dalam kategori tinggi; (2) Suporter masuk dalam kategori baik dengan rincian terdapat 2 suporter (8%) masuk dalam kategori sangat tinggi, 19 Suporter (76%) masuk dalam kategori tinggi, dan 4 suporter (16%) masuk dalam kategori sedang; (3) Masyarakat masuk dalam kategori baik sekali dengan rincian terdapat 11 masyarakat (44%) masuk dalam kategori sangat tinggi dan 14 masyarakat (56%) masuk dalam kategori tinggi.(4)Upaya yang dilakukan oleh orang tua, suporter, dan masyarakat untuk membangun karakter fairplay yaitu terkait dengan sikap dan kepribadian, keinginan dan harapan, proses belajar, minat dan motivasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi sosial, orang tua, suporter, masyarakat, karakter fairplay
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > PGSD Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Jun 2020 04:11
Last Modified: 25 Jun 2020 04:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68358

Actions (login required)

View Item View Item