PENINGKATAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER DI KELAS I SD NEGERI LEBENG

Mufida, Amry (2020) PENINGKATAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER DI KELAS I SD NEGERI LEBENG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Amry Mufida .pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil peningkatan karakter tanggung jawab siswa kelas I SD Negeri Lebeng melalui model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan subjek penelitian yang berjumlah 27 siswa kelas I SD Negeri Lebeng tahun ajaran 2019/2020. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi karakter tanggung jawab siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Proses peningkatan karakter tanggung jawab siswa dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Setiap pertemuan dilaksanakan pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together dengan sintak : (1) siswa dibagi dalam beberapa kelompok, setiap siswa mendapat nomor kepala, (2) guru memberi tugas dan masing-masing kelompok mengerjakan, (3) siswa berdiskusi bersama kelompok mengerjakan tugas, (4) guru memanggil salah satu nomor siswa dan nomor yang dipanggil keluar dari kelompoknya melaporkan atau menjelaskan hasil kerja mereka, (5) tanggapan dari teman lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain, (6) kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan karakter tanggung jawab siswa kelas I SD Negeri Lebeng. Karakter tanggung jawab siswa dapat meningkat melalui proses pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together. Peningkatan karakter tanggung jawab siswa dapat dilihat dari hasil observasi. Hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan karakter tanggung jawab siswa sebelum tindakan yaitu 12,4% meningkat pada siklus I sebesar 66,5% dengan kategori sangat tinggi. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II meningkat menjadi 85,5% dengan kategori sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran melalui model kooperatif tipe Number Head Together dapat meningkatkan karakter tanggung jawab siswa kelas I SD Negeri Lebeng. Kata kunci: karakter tanggung jawab siswa, model kooperatif Tipe Number Head Together

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 Jun 2020 07:40
Last Modified: 23 Jun 2020 07:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68351

Actions (login required)

View Item View Item