PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI WIRONATAN PURWOREJO

Islamiati, Sarah Aprilia (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI WIRONATAN PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Sarah Aprilia Islamiati .pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD) pada siswa kelas IV SD Negeri Wironatan tahun ajaran 2019/2020, Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif antara peneliti dan guru kelas IV SD Negeri Wironatan Purworejo. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini berdasarkan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Wironatan Purworejo yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Wironatan Purworejo. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari persentase jumlah siswa yang tuntas KKM. Pada tahap prasiklus persentase ketuntasan siswa masih 0%. Kemudian meningkat pada siklus I menjadi 27,59% dan pada siklus II meningkat menjadi sebesar 84,62%. Persentase rata-rata aktivitas guru pada siklus I adalah 80,21% meningkat menjadi 93,75% pada siklus II. Sedangkan persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I mencapai 81,94% meningkat pada siklus II menjadi 92,19%. Kata kunci: hasil belajar matematika, model pembelajaran kooperatif tipe STAD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 Jun 2020 07:35
Last Modified: 23 Jun 2020 07:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68349

Actions (login required)

View Item View Item