PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS IV A SD N PANGGANG SEDAYU

Amali, Shifaa (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS IV A SD N PANGGANG SEDAYU. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Shifaa Amali .pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas IV A SD N Panggang Sedayu, Bantul. NHT merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan pada struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan akademik. Jenis penelitian tindakan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis & Mc Taggart. Subjek penelitian adalah 23 siswa kelas IV A yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen penelitian adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), soal tes dan lembar observasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Keberhasilan NHT yang terdiri dari 6 tahapan, disempurnakan dengan pengurangan jumlah anggota kelompok setiap siklus, kewajiban setiap kelompok untuk menanggapi pemaparan jawaban kelompok lain, dan pemberian reward kepada kelompok yang menanggapi jawaban temannya di depan kelas, sehingga didapatkan hasil belajar sebagai berikut. Pada tahap pratindakan didapatkan 13,64% siswa yang mencapai KKM. Kemudian meningkat pada siklus I menjadi 43,5% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 82,6% dari jumlah siswa yang mencapai KKM. Kata kunci : hasil belajar matematika, Numbered Heads Together (NHT)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 Jun 2020 07:32
Last Modified: 23 Jun 2020 07:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68348

Actions (login required)

View Item View Item