UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR VOLUME KUBUS DAN BALOK MELALUI PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI GIRIREJO KABUPATEN PURWOREJO

Fadillah, Nur (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR VOLUME KUBUS DAN BALOK MELALUI PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI GIRIREJO KABUPATEN PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Nur Fadillah .pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar volume kubus dan balok melalui penerapan teori belajar Bruner pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Girirejo, Purworejo, Jawa Tengah. Pembelajaran dengan menerapkan teori belajar Bruner melalui tiga tahapan yaitu tahap enaktif, ikonik, dan simbolik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan model spiral berdasarkan Kemmis & Mc Taggrat yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan & pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Girirejo, Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 21 siswa, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar volume kubus dan balok dengan menerapkan teori belajar Bruner. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan tes tertulis, pedoman observasi guru, pedoman observasi siswa dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Indikator keberhasilan adalah 75% dari jumlah peserta didik yang telah mencapai KKM yang ditentukan yaitu ≥ 65. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar volume kubus dan balok dari siswa setelah menerapkan teori belajar Bruner dalam pembelajaran. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sebesar 28,57% dari jumlah siswa meningkat menjadi 90,47% pada siklus II. Pada siklus I, nilai rata-rata sebesar 53,57 kemudian meningkat menjadi 80,48 pada siklus II. Kata kunci: hasil belajar, volume kubus dan balok, teori belajar Bruner

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 Jun 2020 07:28
Last Modified: 23 Jun 2020 07:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68347

Actions (login required)

View Item View Item