Yuliani, Retno (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN 1 PERENG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
Retno Yuliani.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe (TGT) pada mata pelajaran IPS di kelas V Sekolah DasarNegeri1Pereng. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas menggunakan desain penelitian dari Kemmis and Taggart. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Pereng yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yangdigunakanyaitudeskriptifkuantitatifdandeskriptifkualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games tournament (TGT) dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Pereng pada mata pelajaran IPS. Skor rata-rata keaktifan siswa saat pra tindakan sebesar 47,24% meningkat menjadi 71,36% pada siklus I dan85,47%padasiklusII. Kata Kunci: pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), keaktifan,IPS
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 23 Jun 2020 07:18 |
Last Modified: | 23 Jun 2020 07:18 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68345 |
Actions (login required)
View Item |