UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN 1 PERENG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)

Yuliani, Retno (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN 1 PERENG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Retno Yuliani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe (TGT) pada mata pelajaran IPS di kelas V Sekolah DasarNegeri1Pereng. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas menggunakan desain penelitian dari Kemmis and Taggart. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Pereng yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yangdigunakanyaitudeskriptifkuantitatifdandeskriptifkualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games tournament (TGT) dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Pereng pada mata pelajaran IPS. Skor rata-rata keaktifan siswa saat pra tindakan sebesar 47,24% meningkat menjadi 71,36% pada siklus I dan85,47%padasiklusII. Kata Kunci: pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), keaktifan,IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 Jun 2020 07:18
Last Modified: 23 Jun 2020 07:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68345

Actions (login required)

View Item View Item