PEMBELAJARAN SENI TARI TRADISIONAL DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR DI SD NEGERI REJOWINANGUN KECAMATAN KEMIRI KABUPATEN PURWOREJO

Islami, Cahyaning Budi (2020) PEMBELAJARAN SENI TARI TRADISIONAL DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR DI SD NEGERI REJOWINANGUN KECAMATAN KEMIRI KABUPATEN PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Cahyaning Budi Islami .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran seni tari tradisional dalam pengembangan keterampilan motorik kasar di SD Negeri Rejowinangun Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo. Penelitian ini mendeskripsikan perencanaan, proses, evaluasi, faktor penghambat, dan faktor pendukung pembelajaran seni tari tradisional dalam pengembangan keterampilan motorik kasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan subjek penelitiannya adalah peserta didik, guru, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan komponen analisis model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perencanaan pembelajaran seni tari tradisional, guru tidak menggunakan RPP dalam pelaksanaan pembelajarannya, karena berpedoman pada pakem tari tradisional dolalak. Proses pembelajaran mampu meningkatkan kesadaran belajar peserta didik. Pembelajaran seni tari tradisional merupakan pembelajaran sebagai media dalam pengembangan keterampilan motorik kasar peserta didik. Ragam gerak tari tradisional dolalak yang dibawakan tidak terdapat gerak tari lambean. Karena tari yang diajarkan merupakan hasil penyederhanaan, dengan durasi 5 menit. Adanya lomba pesta siaga menjadi bentuk kegiatan evaluasi dari pembelajaran seni tari tradisional yang telah dilaksanakan. Faktor penghambatnya yaitu sebagai berikut. a) fasilitas sekolah, b) lingkungan sekolah. Faktor pendukungnya yaitu sebagai berikut. a) faktor kesehatan, b) inteligensi, c) perhatian, d) minat, e) bakat, f) kesiapan, g) relasi guru dengan peserta didik, h) relasi peserta didik dengan peserta didik, i) waktu pembelajaran, j) sumber daya manusia, k) dukungan orang tua dan guru. Kata kunci: pembelajaran seni tari tradisional, keterampilan motorik kasar, peserta didik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 Jun 2020 07:15
Last Modified: 23 Jun 2020 07:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68344

Actions (login required)

View Item View Item