MINAT SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN AUDIO VIDEO SMK N 3 YOGYAKARTA DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER ROBOTIK LINE FOLLOWER

Andy , Aula (2012) MINAT SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN AUDIO VIDEO SMK N 3 YOGYAKARTA DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER ROBOTIK LINE FOLLOWER. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Laporan Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan tugas akhir skripsi ini adalah : (1) mengetahui pengaruh faktor intrinsik terhadap minat siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Audio Video SMK N 3 Yogyakarta dalam mengikuti ekstrakurikuler robotik line follower, (2) mengetahui pengaruh faktor ekstrinsik terhadap minat siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Audio Video SMK N 3 Yogyakarta dalam mengikuti ekstrakurikuler robotik line follower, (3) mengetahui pengaruh faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik terhadap minat siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Audio Video SMK N 3 Yogyakarta dalam mengikuti ekstrakurikuler robotik line follower. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey, variabel dalam penelitian ini adalah minat siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Audio Video SMK N 3 Yogyakarta dalam mengikuti ekstrakurikuler robotik line follower yang terbagi dalam faktor intrinsik (X1), faktor ekstrinsik (X2), dan ekstrakurikuler (Y). Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Audio Video angkatan 2012/2013 yang berjumlah 68 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan pengukuran skala likert. Jumlah pertanyaan dalam kuesioner yaitu 60 item,dan item yang gugur yaitu 14 item sehingga item valid dan reliabel berjumlah 56 item. Teknik analisis dalam penelitian ini yaitu dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah : (1) minat siswa kelas X kompetensi keahlian audio video SMK N 3 Yogyakarta dalam mengikuti ekstrakurikuler robotik line follower yaitu sebesar 0,372 kemudian nilai tersebut dikonsultasikan dengan Rtabel faktor intrinsik memberikan pengaruh rendah terhadap minat siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler robotik line follower dan sumbangan efektif faktor intrinsik sebesar 23,41%, (2) minat siswa kelas X kompetensi keahlian audio video SMK N 3 Yogyakarta dalam mengikuti ekstrakurikuler robotik line follower yaitu sebesar 0,429 kemudian nilai tersebut dikonsultasikan dengan Rtabel faktor ekstrinsik memberikan pengaruh sedang terhadap minat siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler robotik line follower dan sumbangan efektif faktor ekstrinsik sebesar 30,88, (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor intrinsik dan ekstrinsik terhadap minat siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Audio Video SMK N 3 Yogyakarta dalam mengikuti ekstrakurikuler robotik line follower, hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,737, koefisien determinasi sebesar 0,543, sumbangan efektif faktor intrinsik sebesar 23,41%, dan sumbangan efektif faktor ekstrinsik sebesar 30,88%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2012 00:32
Last Modified: 29 Jan 2019 16:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6834

Actions (login required)

View Item View Item