UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TLOGOADI, SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Kurniati, Latifah Dwi (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TLOGOADI, SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Latifah Dwi Kurniati .pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika menggunakan model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada siswa kelas V SD Ngeri Tlogoadi semester II tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Tlogoadi yang berjumlah 37 siswa, yang terdiri dari 24 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Desain penelitian menggunakan model penelitian tindakan kelas Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan soal tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Adapun kriteria keberhasilan adalah minimal 90% dari jumlah siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu nilai 72 dan skor aktivitas guru dan siswa yang diperoleh lebih dari 80% dengan klasifikasi baik. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas V SD Negeri Tlogoadi. Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran PMR pada siklus I mencapai kriteria baik dengan persentase 75% kemudian meningkat pada akhir siklus II menjadi kriteria sangat baik dengan persentase 100%. Peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita meningkat berdasarkan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada siklus I sebanyak 20 siswa atau sebesar 54,05%. Pada siklus II meningkat menjadi sebanyak 30 siswa atau sebesar 93,75%. Kata kunci: kemampuan menyelesaikan soal cerita, Pembelajaran Matematika Realistik, volume kubus dan balok, kelas V.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 Jun 2020 06:53
Last Modified: 23 Jun 2020 06:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68337

Actions (login required)

View Item View Item