HUBUNGAN GAYA BELAJAR KINESTETIK DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD SE-KELURAHAN GADING, PLAYEN, GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2019/2020

Pratama, Fransiskus Rio (2020) HUBUNGAN GAYA BELAJAR KINESTETIK DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD SE-KELURAHAN GADING, PLAYEN, GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Fransiskus Rio Pratama .pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar kinestetik dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SD se-Kelurahan Gading, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keeratan hubungan gaya belajar kinestetik dengan hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Tempat dilaksanakan penelitian adalah SD se-Kelurahan Gading, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul. Subyek dan Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kela V SD se-Kelurahan Gading, Kecamatan Playen yang berjumlah 69 siswa serta sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 59 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket untuk variabel gaya belajar kinestetik dan menggunakan soal tes matematika untuk data hasil belajar matematika. Sebelum penelitian dilaksanakan, dilakukan uji validitas dan reliabilitas untuk angket serta soal dengan hasil 23 butir pernyataan valid dengan nilai reliabilitas 0,704 dan 13 butir soal tes yang valid dengan nilai reliabilitas 0,714. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial yang dilakukan dengan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas sedangkan uji hipotesis dilakukan dengan analisis korelasi product moment, uji T, dan regresi sederhana. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,722>0,252), nilai t hitung lebih besar dari t tabel (9,170 > 1,67203), dan hasil uji regresi sederhana diperoleh nilai r square sebesar 0,522 (52,2%). Berdasarkan analisis data uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar kinestetik dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SD se-Kelurahan Gading, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul. Tingkat hubungan dikategorikan memiliki hubungan yang kuat dan keeratan hubungannya sebesar 52,2%. Kata kunci: gaya belajar kinestetik, hasil belajar, matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 Jun 2020 06:45
Last Modified: 23 Jun 2020 06:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68333

Actions (login required)

View Item View Item