MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) PADA PELAJARAN IPS KELAS VB SD NEGERI SITIHARJO

Nugraheni, Kartika Widhi (2020) MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) PADA PELAJARAN IPS KELAS VB SD NEGERI SITIHARJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Kartika Widhi Nugraheni .pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) pada siswa kelas VB SD Negeri Sitiharjo tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri Sitiharjo. Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, lembar angket untuk mengukur rasa percaya diri siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran NHT dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam pembelajaran IPS. Sebelum tindakan ada 5 siswa memiliki rasa percaya diri tinggi. Pada pelaksanaan siklus I terjadi peningkatan, yaitu 15 orang siswa (62,5%) telah mencapai kriteria rasa percaya diri tinggi, dan 9 orang siswa (32,5%) telah mencapai kriteria rasa percaya diri sedang. Pada siklus II sebanyak 21 orang siswa (87,5%) pada kriteria rasa percaya diri tinggi, 2 orang siswa (8,33%) pada kriteria rasa percaya diri sedang, dan 1 orang siswa (4,16%) berada pada kategori sangat tinggi. Penerapan model pembelajaran pada siklus I pertemuan pertama dan kedua telah mencapai 75% dan meningkat pada siklus II pertemuan pertama mencapai 85% dan pertemuan kedua mencapai 90%. Kata kunci : Rasa percaya diri, NHT (Numbered Heads Together)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 Jun 2020 06:42
Last Modified: 23 Jun 2020 06:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68332

Actions (login required)

View Item View Item