PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR KELAS VA MATERI PERPINDAHAN PANAS MENGGUNAKAN COOPERATIVE LEARNING JIGSAW DI SD 1 TRIRENGGO

Prastiwi, Maulidya (2020) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR KELAS VA MATERI PERPINDAHAN PANAS MENGGUNAKAN COOPERATIVE LEARNING JIGSAW DI SD 1 TRIRENGGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Maulidya Prastiwi .pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VA pada materi perpindahan panas dengan menggunakan cooperative learning jigsaw di SD 1 Trirenggo. Peningkatan keaktifan belajar dalam penelitian ini dilihat melalui beberapa aktivitas siswa dalam pembelajaran, yaitu 1) visual, 2) lisan, 3) mendengarkan, 4) menulis, 5) mental, dan 5) emosional. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VA yang berjumlah 21 siswa. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan MC Taggart yang berlangsung dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari beberapa tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan angket. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keaktifan belajar siswa, lembar observasi aktivitas guru, dan angket keaktifan belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keaktifan belajar siswa kelas VA SD 1 Trirenggo Bantul. Peningkatan keaktifan belajar siswa dapat dilihat dari hasil observasi siswa dan angket. Hasil observasi siswa pada siklus I sebesar 60,72%, meningkat pada siklus II menjadi 78,08%. Hasil angket keaktifan belajar siswa pada pra siklus adalah 51,39%, meningkat pada siklus I menjadi 72,22% dan meningkat pada siklus II menjadi 86,98%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan cooperative learning jigsaw dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VA di SD 1 Trirenggo Bantul. Kata kunci: keaktifan belajar siswa dan cooperative learning jigsaw

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 Jun 2020 06:38
Last Modified: 23 Jun 2020 06:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68330

Actions (login required)

View Item View Item