PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGA IPS (UTIPS) TERHADAP PEMAHAMAN MATERI IPS KELAS V SD NEGERI WONOSRI KABUPATEN PURWOREJO

Isnaeni, Rina (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGA IPS (UTIPS) TERHADAP PEMAHAMAN MATERI IPS KELAS V SD NEGERI WONOSRI KABUPATEN PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Rina Isnaeni .pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Ular Tangga IPS (UTIPS) terhdap pemahaman materi IPS kelas V SD Negeri Wonosri Kabupaten Purworejo. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan bentuk nonequivalent control group design. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan menggunakan media UTIPS sedangkan kelompok kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dokumentasi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk guru, soal tes, dan dokumen hasil belajar. Data hasil penelitian disajikan menggunakan teknik analisis deskriptif, yaitu dengan uji mean hasil posttest kelompok eksperimen dan kontrol, serta dengan uji N-Gain. Berdasarkan hasil perhitungan Uji Mean dan Uji N-Gain terdapat pengaruh penggunaan media Ular Tangga IPS (UTIPS) terhadap pemahaman materi IPS kelas V di SD Negeri Wonosri Kabupaten Purworejo. Hal tersebut ditunjukan dengan rata-rata hasil posttest kelompok eksperimen sebesar 71,80 lebih besar jika dibandingkan dengan kelompok kontrol sebesar 58,63. Berdasarkan kriteria yang digunakan, mean posttest kelompok eksperimen berada pada kategori baik, sedangkan mean posttest kelompok kontrol berada pada kategori cukup. Hasil tersebut didukung dari Uji N-Gain yang diperoleh hasil pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar 0,4>0,1, maka dapat diartikan bahwa kelompok eksperimen memiliki perubahan pemahaman yang lebih tinggi dibanding kelompok kontrol, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan media Ular Tangga IPS (UTIPS) terhadap pemahaman materi IPS kelas V SD Negeri Wonosri. Kata kunci: ular tangga, pemahaman IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 Jun 2020 06:35
Last Modified: 23 Jun 2020 06:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68329

Actions (login required)

View Item View Item