PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI PENGUKURAN KELAS 3 SD NEGERI 1 KARANGSARI, KULON PROGO

Ajidiana, Amaylinda Devita Diva (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI PENGUKURAN KELAS 3 SD NEGERI 1 KARANGSARI, KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Amaylinda Devita Diva Ajidiana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Seorang pendidik perlu mengembangkan kreativitas mereka untuk merencanakan, menyiapkan, dan membuat bahan ajar secara matang yang kaya inovasi sehingga menarik bagi peserta didik. Pengembangan dilakukan berdasarkan pada kurikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar LKPD Matematika Berbasis Saintific Approach yang layak digunakan dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar bagi peserta didik Kelas III SD yang sesuai dengan kurikulum 2013. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel, (1974). Model 4D memiliki 4 tahapan yaitu define, design, develop dan desseminate, tetapi pada penelitian dibatasi pada tahap development. Subjek penelitian pengembangan ini adalah peserta didik kelas III SD Negeri 1 Karangsari dengan jumlah peserta didik sebanyak 27. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, instrumen validasi, angket, dan tes. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan LKPD Matematika Berbasis Saintific Approach yang dihasilkan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran Matematika pada materi pengukuran. LKPD memenuhi standar kelayakan isi, kebahasaan, dan tampilan berdasarkan validasi ahli. Rerata skor yang diperoleh dari validasi ahli materi dan ahli media yaitu sebesar 3,91 dan 3,89 termasuk pada kriteria sangat layak. Hasil uji respon peserta didik terhadap LKPD diperoleh persentase sebesar 91,50% termasuk pada kategori sangat layak. Hasil analisis data tes peserta didik sebelum dan setelah penggunaan LKPD memperoleh skor rata-rata N-Gain 0,7 termasuk dalam kategori efektif. Selain itu rata-rata nilai pretest yang diperoleh peserta didik sebesar 50 dan rata-rata nilai posttest peserta didik sebesar 83. Hal tersebut menggambarkan terjadi peningkatan pemahaman peserta didik terhadap materi. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Scientific Approach, Matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 Jun 2020 06:30
Last Modified: 23 Jun 2020 06:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68326

Actions (login required)

View Item View Item