PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) KELAS IV SD N KEPEK PENGASIH KULON PROGO

Pratiwi, Dian (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) KELAS IV SD N KEPEK PENGASIH KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Dian Pratiwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Kepek, Pengasih, Kulon Progo pada Tahun pelajaran 2019/2020 melalui pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, menggunakan model Kemmis & Taggart yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi pada setiap siklusnya.Subjek dalam penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri Kepek yang berjumlah 28 siswa terdiri dari 18 siswa putri dan 10 siswa laki-laki. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes, lembar dan panduan observasi. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Adapun kriteria keberhasilan penelitian ini adalah minimal 85% dari jumlah siswa mencapai Kriterian Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Skor aktivitas guru dan siswa yang diperoleh lebih dari 80% dengan klasifikasi baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan Contextual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD N Kepek. Peningkatan hasil tes dapat dilihat dari presentase siswa yang mencapai KKM siklus I dan siklus II yaitu dari 21 siswa (75%) menjadi 24 siswa (86%). Nilai rata-rata hasil belajar siklus I dan II juga mengalami peningkatan yaitu dari 85,81 menjadi 86,2. Hasil observasi pada siklus I dan II menunjukan peningkatan partisipasi aktif guru dari 75% hingga mencapai 89,4%. Sedangkan peningkatan partisipasi aktif siswa pada siklus I ke siklus II dari 73,3% hingga 85%. Kata kunci : contextual teaching learning , hasil belajar matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 Jun 2020 06:27
Last Modified: 23 Jun 2020 06:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68325

Actions (login required)

View Item View Item