TINGKAT PEMAHAMAN GURU PJOK TERHADAP INSTRUMEN PENILAIAN BERDASARKAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN BANTUL

Ardiansyah, Rizal (2020) TINGKAT PEMAHAMAN GURU PJOK TERHADAP INSTRUMEN PENILAIAN BERDASARKAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik Tingkat Pemahaman Guru PJOK Terhadap Instrumen Penilaian Berdasarkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di Sekolah Menengah Negeri Se-Kabupaten Bantul yang berjumlah 19 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan benar-salah. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang disajikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman guru PJOK terkait instrument penilaian berdasarkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul tahun 2020 berada pada kategori “sangat baik” sebesar 5,26 (1 guru), “baik” sebesar 15,79 (3 guru), “cukup” sebesar 57,9 (11 guru), “kurang” sebesar 15,79 (3 guru), dan “sangat kurang” sebesar 5,26 (1 guru). Hal ini dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan terkait instrument penilaian berdasarkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul tahun 2020 dalam kategori “cukup” yaitu sebesar 57,9.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pemahaman, guru PJOK, intrumen berbasis HOTS
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Jun 2020 06:13
Last Modified: 23 Jun 2020 06:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68324

Actions (login required)

View Item View Item