PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL PADA PESERTA DIDIK KELAS XII TKRO DI SMK NASIONAL BERBAH

Fajarai, Patrick (2020) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL PADA PESERTA DIDIK KELAS XII TKRO DI SMK NASIONAL BERBAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Patrick Fajarai 16504241024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar peserta didik pada kompetensi mendiagnosis kerusakan sistem pengapian konvensional di kelas XII TKRO C di SMK Nasional Berbah melalui penerapan model problem based learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang dilakukan dalam tiga siklus karena telah mencapai indikator keberhasilan tindakan. Indikator keberhasilan tindakan dalam penelitian ini yaitu untuk keaktifan positif sebesar ≥ 75%, untuk keaktifan negatif sebesar ≤ 15% dan ≥ 75% peserta didik mencapai KKM sebesar 75. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII TKRO C di SMK Nasional Berbah Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan obsevasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model PBL dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar peserta didik pada kompetensi mendiagnosis kerusakan sistem pengapian konvensional. Hal tersebut dapat dilihat dari: (1) adanya peningkatan aktivitas positif (aktivitas yang mendukung pelaksanaan proses pembelajaran) dan penurunan aktivitas negatif (aktivitas yang mengganggu pelaksanaan proses pembelajaran) pada tiap siklus. Aktivitas positif pada siklus I sebesar 57%, siklus II sebesar 64%, dan siklus III sebesar 77%. Aktivitas negatif pada siklus I sebesar 20%, siklus II sebesar 16%, dan siklus III sebesar 14%; dan (2) adanya peningkatan rata-rata kelas dan ketuntasan belajar peserta didik. Rata-rata kelas pada siklus I sebesar 68,35, siklus II sebesar 75,64, dan siklus III sebesar 78,46. Ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I sebesar 17,39%, siklus II sebesar 59,09%, dan siklus III sebesar 76,62%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar, Kompetensi Mendiagnosis Kerusakan Sistem Pengapian Konvensional
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 Jun 2020 02:39
Last Modified: 23 Jun 2020 02:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68315

Actions (login required)

View Item View Item