MODIFIKASI REM TROMOL PADA HONDA GL PRO MENJADI REM CAKRAM DENGAN TEKNOLOGI CBS (COMBI BRAKE SYSTEM)

HASNUL , ROKHANDY (2012) MODIFIKASI REM TROMOL PADA HONDA GL PRO MENJADI REM CAKRAM DENGAN TEKNOLOGI CBS (COMBI BRAKE SYSTEM). D3 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
MODIFIKASI REM TROMOL HONDA GL PRO MENJADI REM CAKRAM DENGAN APLIKASI TEKNOLOGI CBS (COMBI BRAKE .pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari modifikasi rem tromol Honda GL PRO menjadi rem cakram dengan teknologi CBS ini adalah (1) Membuat rancangan rem tromol Honda GL PRO menjadi rem cakram. (2) Membuat rancangan rem CBS pada sistem rem Honda GL PRO. (3) Memodifikasi rem tromol menjadi rem cakram pada Honda GL PRO dan mengaplikasi teknologi CBS, dan (4) Mengetahui hasil modifikasi pada Honda GL PRO. Proses modifikasi diantaranya: (1) Modifikasi rem tromol menjadi rem cakram dimulai dari pembuatan lubang untuk dudukan piringan, pembuatan dudukan master rem belakang, pengubahan tuas ayun pedal rem, pemasangan piringan pada dudukan piringan, pemasangan kaliper belakang, pemasangan master rem belakang, pemasangan selang rem belakang, pengisian minyak rem dan proses bleeding. (2) Aplikasi teknologi CBS setelah rem belakang dimodifikasi dimulai dari pembuatan pengganti baut penyalur fluida pada master rem depan, memodifikasi kaliper belakang yang berjenis piston ganda yaitu kerja piston pada kaliper dijadikan kerja piston tunggal kemudian pemindahan lubang intake fluida pada masing-masing piston dan penambahan lubang buang angin pada piston yang belum terdapat lubang buang angin, dilanjutkan dengan proses pemasangan dimulai dari pemasangan master rem depan, pemasangan kaliper depan, pemasangan selang pada kaliper belakang dan kaliper depan kemudian pengisian minyak rem pada master rem depan, proses bleeding. Pengujian kinerja rem keseluruhan dilakukan dengan cara uji jalan, variabel yang dilihat adalah jarak pengereman pada kecepatan yang bervariasi. Hasil pengujian adalah sebagai berikut: Aplikasi rem CBS ditambah rem cakram belakang menunjukan kinerja 40% lebih baik dibandingkan dengan rem depan cakram (standar) ditambah rem belakang tromol (standar) pada kecepatan 60 km/jam dan apabila kecepatan semakin ditingkatkan maka kinerja rem CBS ditambah rem belakang cakram akan semakin meningkat juga. Demikian hasil modifikasi rem tromol menjadi cakram dengan aplikasi teknologi CBS, lebih baik daripada rem cakram ataupun rem tromol.

Item Type: Thesis (D3)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Otomotif
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2012 00:18
Last Modified: 29 Jan 2019 01:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6830

Actions (login required)

View Item View Item