MOTIVASI PESERTA DIDIK SMK NEGERI 1 BANTUL DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET

Luru, Boma Lima (2021) MOTIVASI PESERTA DIDIK SMK NEGERI 1 BANTUL DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_boma lima luru_17601241072.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi peserta didik SMK Negeri 1 Bantul dalam mengikuti ekstrakurikuler bola basket di sekolah. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah prestasi tim bola basket SMK Negeri 1 Bantul mengalami penurunan, kurangnya semangat latihan karena merasa bosan dengan model latihan yang monoton, kurangnya tingkat keseriusan peserta didik SMK Negeri 1 Bantul pada saat latihan bola basket, dan belum diketahuinya tingkat motivasi peserta didik SMK Negeri 1 Bantul dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola basket. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler bola basket di SMK Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran 2020/2021 dengan jumlah 49 siswa sehingga disebut penelitian populasi. Instrumen dalam penelitian ini berupa kuesioner online menggunakan google form yang berisi 39 pertanyaan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat motivasi peserta didik SMK Negeri 1 Bantul dalam mengikuti ekstrakurikuler bola basket dengan kategori “sangat tinggi” sebanyak 1 peserta didik (2,05%), kategori “tinggi” sebanyak 15 peserta didik (30,61%), kategori “sedang” sebanyak 18 peserta didik (36,73%), kategori “rendah” sebanyak 10 peserta didik (20,41%), dan kategori “sangat rendah” sebanyak 5 peserta didik (10,20%). Dapat disimpulkan bahwa tingkat motivasi peserta didik SMK Negeri 1 Bantul dalam mengikuti ekstrakurikuler bola basket dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Dimyati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: motivasi, peserta didik, ekstrakurikuler, bola basket
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Oct 2021 08:00
Last Modified: 25 Oct 2021 08:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68283

Actions (login required)

View Item View Item