Pengembangan Media Historytoon berbasis Android dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Sejarah Pergerakan Nasional Kelas XI SMA.

Rahandinsari, Septia and Suryo, Djoko (2018) Pengembangan Media Historytoon berbasis Android dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Sejarah Pergerakan Nasional Kelas XI SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran sejarah yang layak dan dapat meningkatkan pemahaman materi Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia kelas XI SMA. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (R & D) yang diadaptasi dari desain pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluate). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan IPS SMA Negeri 1 Prambanan Yogyakarata berjumlah 36 orang siswa terdiri atas 3 orang untuk uji coba perorangan, 10 orang untuk uji coba kelompok kecil, dan 23 orang untuk uji coba lapangan. Skor penilaian dinyatakan dengan rentang 1 sampai 5, sedangkan untuk uji efektivitas dilakukan melalui evaluasi sumatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media Historytoon yang dikembangkan, berdasarkan penilaian ahli materi ditinjau dari aspek pembelajaran dan isi/materi termasuk kategori baik dengan rerata skor 4; penilaian ahli media ditinjau dari aspek tampilan dan teknis termasuk kategori baik dengan rerata skor 4; penilaian guru sebagai pengguna ditinjau dari aspek pembelajaran dan isi/materi termasuk kategori baik dengan rerata skor 4,18. Dalam uji coba perorangan ditinjau dari 4 aspek, yaitu aspek pembelajaran, aspek isi/materi, aspek tampilan, dan aspek teknis oleh siswa kelayakan media Historytoon termasuk kategori sangat baik dengan rerata skor 4,22; penilaian uji coba kelompok kecil oleh siswa kelayakan media Historytoon termasuk kategori baik dengan rerata skor 4,11; dan penilaian uji coba lapangan oleh siswa kelayakan media Historytoon termasuk kategori baik dengan rerata skor 3,91. Hasil evaluasi sumatif nilai posttest-pretes menunjukkan kelas XI IPS 1 mempunyai effect size 9,84, sedangkan pada kelas XI IPS 2 sebesar 4,57. Jadi hasil belajar pada kelas XI IPS 1 lebih baik daripada kelas XI IPS 2, dengan perbedaan antar kelompok sebesar 5,27. Dengan demikian diperoleh simpulan bahwa kelayakan media Historytoon pembelajaran sejarah yang dikembangkan memiliki kategori baik. Hal ini berarti media Historytoon yang dikembangkan layak digunakan dalam dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan pemahaman materi Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Media Historytoon, Pembelajaran Sejarah, Pemahaman Materi Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Jun 2020 04:17
Last Modified: 18 Jun 2020 04:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68279

Actions (login required)

View Item View Item