PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK KELAS XI TKR 3 SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Prabowo, Ahmat (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK KELAS XI TKR 3 SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ahmat Prabowo 16504241040.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengembangkan media pembelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan berbasis aplikasi Android.; dan (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan berbasis aplikasi Android ditinjau dari ahli media, ahli materi dan penggunanya. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan mengacu pada model four-D (define, design, develop, desiminate). Tempat penelitian dilakukan di SMK Negeri 3 Yogyakarta dan waktu penelitian dilakukan pada tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan kuisioner. Analisis data pengembangan dilakukan secara deskriptif, sedangkan analisis data kelayakan dilakukan dengan melakukan konversi data kuantitaif kedalam data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan yang dikembangkan melalui beberapa langkah, yaitu: (a) Observasi dan wawancara di SMK Negeri 3 Yogyakarta pada tahap pendefinisian didapatkan data bahwa 43,33% siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan menganggap bahwa materi sistem bahan bakar konvensional adalah mata pelajaran yang sulit, metode pembelajaran di kelas masih didominasi ceramah dan belum adanya media pembelajaran yang menarik serta membatu siswa lebih memahami materi; (b) melakukan perancangan dengan menyusun parameter penilaian, pemilihan format, pemilihan media dan pembuatan prototipe; (c) melakukan pengembangan dengan validasi produk oleh ahli media dan ahli materi yang dilanjutkan revisi, ujicoba lapangan pada pendidik dan peserta didik sehingga dihasilkan produk akhir media; serta (d) melakukan pemaketan media pembejaran berbasis Adobe Flash dengan kapasitas 56MB dan format .apk kedalam compact disk diikuti penyebaran di SMK Negeri 3 Yogyakarta. (2) Kelayakan multimedia ditentukan dari hasil validasi oleh ahli dengan rerata skor 3,59 yang termasuk dalam kategori sangat layak dan hasil respon pengguna melalui ujicoba pada pendidik dengan rerata skor 3,45 yang termasuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, media pembelajaran berbasis aplikasi android ini dinyatakan sangat layak menurut validasi ahli materi dan ahli media.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Pembelajaran, Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 18 Jun 2020 00:35
Last Modified: 18 Jun 2020 00:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68278

Actions (login required)

View Item View Item