PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES MENGKOMUNIKASIKAN DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IVC SD NEGERI PIYUNGAN

Ma'rifah, 'Ainun (2020) PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES MENGKOMUNIKASIKAN DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IVC SD NEGERI PIYUNGAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
'Ainun Ma'rifah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dan hasil peningkatan keterampilan proses mengkomunikasikan dalam pembelajaran IPA melalui penerapan model project based learning (PjBL) pada siswa kelas IVC SD Negeri Piyungan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVC SD Negeri Piyungan yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi.Teknik tes digunakan untuk mengukur kemampuan keterampilan proses mengkomunikasikan siswa. Sedangkan, teknik observasi digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes keterampilan mengkomunikasikan dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif dan teknik deskripstif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model project based learning dapat meningkatkan keterampilan proses mengkomunikasikan dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IVC SD Negeri Piyungan. Adapun tahap pembelajaran yang dilakukan dengan model project based learning yaitu memperoleh ide, merancang proyek, menyetel proyek, membuat proyek, dan memamerkan proyek. Peningkatan keterampilan mengkomunikasikan terjadi dari siklus I ke siklus II, dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa pada pratindakan nilai rata-rata sebesar 56,00, siklus I sebesar 68,50, dan siklus II sebesar 78,00. Selain itu, jumlah siswa yang mencapai indikator keberhasilan pada pratindakan sebesar 40%, siklus I sebesar 56%, dan siklus II sebesar 88%. Pada siklus II dilakukan tahap model project based learning sebagai berikut: 1) memperoleh ide; 2) merancang proyek, pada tahap ini perbaikannya siswa melakukan diskusi kelompok untuk membuat rancangan proyek; 3) menyetel proyek, pada tahap ini perbaikannya guru memfasilitasi dan memonitoring hasil rancangan proyek siswa; 4) membuat proyek, pada tahap ini perbaikannya, memberikan batasan waktu dalam menyelesaikan pembuatan proyek; dan 5) memamerkan proyek. Kata kunci : Model Project Based Learning (PjBL), Keterampilan Proses Mengkomunikasikan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Jun 2020 05:21
Last Modified: 12 Jun 2020 05:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68255

Actions (login required)

View Item View Item