PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DI SD MUHAMMADIYAH GENDOL 1 TEMPEL

Utami, Febriana Wahyu (2020) PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DI SD MUHAMMADIYAH GENDOL 1 TEMPEL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Febriana Wahyu Utami.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pendidikan Karakter Disiplin yang diterapkan di SD Muhammadiyah Gendol 1. Aspek yang diteliti meliputi (1) Kegiatan Pembelajaran, (2) Kegiatan Rutin, (3) Kegiatan Spontan (4) Keteladanan, (5) Pengondisian Siswa, (6) Kegiatan Ko-korikuler dan Ekstrakurikuler (7) Kegiatan Luar Sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berjenis deskriptif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru (kelas I, IV, guru agama, pembina ektrakurikuler) dan peserta didik (kelas I dan IV). Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan pendidikan karakter disiplin diwujudkan sebagai berikut: (1) Kegiatan pembelajaran yaitu integrasi dalam RPP, penyampaian rencana kegiatan pembelajaran, nasihat, peraturan kelas, hukuman, dan penugasan. (2) Kegiatan rutin yaitu berdoa, tadarus, salat dzuhur berjamaah, salat dhuha, infaq Jumat, apel, upacara hari senin atau peringatan hari tertentu, kegiatan Jumat bersih, piket kelas, kegiatan gosok gigi, bersalaman dengan guru piket dan guru, bersalaman dengan teman sebaya, menuntun sepeda ketika di sekolah. (3) Kegiatan spontan yaitu mengumpulkan dana sosial dan menjenguk siswa yang sakit. (4) Keteladanan yaitu guru berpakaian rapi dan sesuai jadwal, ramah, tanggung jawab, datang pukul 06.45, ikut salat dzuhur dan dhuha. (5) Pengondisian siswa yaitu lingkungan fisik (membersihkan mushola pada jumat bersih, bentuk hukuman, jadwal piket mushola, perintah guru, sarana prasarana, denda, dan nasihat) dan lingkungan sosial (home visit dan nasihat). (6) Kegiatan Ko-korikuler dan Ekstrakurikuler yaitu presensi, aktivitas, dan materi. (7) Kegiatan luar sekolah yaitu outing, PKS, buku salat, penugasan, dan nasihat. Kata kunci: Pendidikan Karakter Disiplin

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Jun 2020 04:04
Last Modified: 12 Jun 2020 04:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68252

Actions (login required)

View Item View Item