PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN KETELADANAN GURU TERHADAP KEJUJURAN SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH SE-KECAMATAN TEMPEL

Dewi, Afita Kurnia (2020) PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN KETELADANAN GURU TERHADAP KEJUJURAN SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH SE-KECAMATAN TEMPEL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Afita Kurnia Dewi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) secara parsial pengaruh pemberian reward terhadap kejujuran, 2) secara parsial pengaruh keteladanan guru terhadap kejujuran, dan 3) secara simultan pengaruh pemberian reward dan keteladanan guru terhadap kejujuran siswa kelas V SD Muhammadiyah seKecamatan Tempel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex-post facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah se-Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman berjumlah 278 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 164 siswa yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologi dan instrumen pengumpulan data dengan skala pemberian reward, skala keteladanan guru dan skala kejujuran. Instrumen ini diujicobakan kepada 60 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan teknik expert judgement dan validitas item dihitung menggunakan koefisien korelasi item terkoreksi. Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dan uji linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pemberian reward secara parsial berpengaruh terhadap kejujuran dengan sumbangan sebesar 10,7%; 2) keteladanan guru secara parsial berpengaruh terhadap kejujuran dengan sumbangan sebesar 32,7%; dan 3) pemberian reward dan keteladanan guru secara simultan berpengaruh terhadap kejujuran dengan sumbangan sebesar 43,4%. Kata kunci: pemberian reward, keteladanan guru, kejujuran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Jun 2020 03:56
Last Modified: 12 Jun 2020 03:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68251

Actions (login required)

View Item View Item