UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA SISWA KELAS IV SD N NGOTO BANTUL TAHUN AJARAN 2019/2020

Affifi, Zulfani Eka (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA SISWA KELAS IV SD N NGOTO BANTUL TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Zulfani Eka Affifi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada siswa kelas IV SD Negeri Ngoto Bantul Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan model Kemmis & McTaggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Ngoto Bantul yang berjumlah 29 siswa, terdiri dari 14 siswa putra dan 15 siswa putri. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes tertulis dan lembar observasi. Validasi instrumen dilakukan melalui expert judgement. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Adapun kriteria keberhasilan adalah minimal 90% dari jumlah siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu nilai 75, skor aktivitas guru dan siswa yang diperoleh lebih dari 85% dengan klasifikasi sangat baik, serta terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Ngoto Bantul. Hasil observasi pada siklus I dan II menunjukkan peningkatan partisipasi aktif guru dari 83% hingga mencapai 95%. Sedangkan, peningkatan partisipasi aktif siswa pada siklus I ke siklus II dari 75% menjadi 90%. Peningkatan hasil tes matematika siklus I dan siklus II sebesar 21% yakni sebanyak 21 siswa (72%) menjadi 27 siswa (93%) yang mencapai nilai KKM dari jumlah siswa seluruhnya yaitu 29. Nilai rata-rata hasil belajar siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan sebanyak 11,2 yaitu dari 73,8 menjadi 85. Kata kunci: hasil belajar, pengukuran, realistic mathematics education

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Jun 2020 07:35
Last Modified: 11 Jun 2020 07:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68240

Actions (login required)

View Item View Item