PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR TEKNIK DASAR BOLABASKET UNTUK SISWA SEKOLAH MENGENGAH PERTAMA

Seto Suryo Atmojo (2012) PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR TEKNIK DASAR BOLABASKET UNTUK SISWA SEKOLAH MENGENGAH PERTAMA. S1 thesis, FIK.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI - SETO SURYO ATMOJO 07601241082.pdf

Download (79MB) | Preview
Official URL: http://www.pjkr_uny.com

Abstract

ABSTRAK Keterbatasan waktu pembelajaran Penjasorkes di sekolah menuntut siswa untuk belajar mandiri di luar kegiatan belajar mengajar. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media belajar bolabasket untuk siswa Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Prosedur pengembangan dalam penelitian ini adalah; (1) Pendahuluan, yaitu menentukan mata pelajaran, analisis kebutuhan, dan materi. (2) Pengembangan Desain Pembelajaran. (3) Pengembangan Desain Software, (4) Evaluasi Produk, Tahap evaluasi antara lain, evaluasi tahap I, yaitu tahap validasi oleh Ahli materi dan Ahli media, analisis I, dan revisi I. Evaluasi tahap II, yaitu uji coba satu lawan satu, analisis II, dan revisi II. Evaluasi III, yaitu tahap uji coba kelompok kecil, analisis III, dan dilakukan revisi III. Evaluasi tahap IV, yaitu uji coba kelompok besar, analisis IV, Revisi IV. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini berupa angket. Teknik analisis data kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif prosedural, yang berupa pernyataan Sangat Kurang, Kurang, Cukup, Baik, Sangat Baik, yang diubah menjadi data kuantitatif dengan skala 5, yaitu dengan penskoran dari angka 1 sampai dengan 5. Hasil penelitian dan pengembangan berupa CD pembelajaran teknik dasar bolabasket untuk media belajar siswa Sekolah Menengah Pertama. Prosedur penelitian telah melewati validasi dari dua ahli, yaitu ahli materi dan ahli media. Data hasil validasi menurut ahli materi adalah “Sangat Baik” dengan rerata skor 4,73. Menurut ahli media adalah “Sangat Baik” dengan rerata skor 4,44. Sedangkan penilaian siswa secara keseluruhan adalah “Baik” dengan rerata skor untuk setiap aspek penilaian adalah: pada aspek tampilan memiliki rerata 3.76, aspek isi/materi memiliki rerata skor 3.77, dan aspek pembelajaran memiliki rerata skor 4.00. Kesimpulan secara keseluruhan penilaian siswa adalah 3.84 termasuk kriteria “Baik”. Kata kunci: media belajar, teknik dasar bolabasket.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:28
Last Modified: 29 Jan 2019 16:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6824

Actions (login required)

View Item View Item