HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-GUGUS BARENGLOR KLATEN

Kumalasari, Larasaty Indah (2020) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-GUGUS BARENGLOR KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Larasaty Indah Kumalasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kedisiplinan siswa kelas tinggi SD Negeri se-Gugus Barenglor. Hal ini tampak pada perilaku siswa di sekolah, yaitu terlambat datang ke sekolah, siswa masih mengobrol dengan teman sebangku ketika guru mengajarkan materi di depan kelas, siswa tidak mengerjakan tugas rumah yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan kedisiplinansiswakelastinggi. Penelitian inimenggunakan pendekatankuantitatifkorelasi ex-postfacto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas tinggi SD Negeri se-Gugus Barenglor yang berjumlah 374 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 193 siswa yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala kedisiplinan dan kecerdasan emosional. Instrumen ini diujicobakan kepada 159 responden. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan teknik expert judgement, sedangkan daya beda dihitung menggunakan korelasi aitem total terkoreksi. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan linearitas . Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi productmoment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan masih rendah pada indikator taat terhadap peraturan tertulis yang berlaku dengan nilai 19,11%. Kecerdasan emosional juga masih rendah pada indikator mengelola emosi dengan nilai 18,48%. Nilai korelasi sebesar 0,823 beradadi antara 0,800-1,00 termasuk dalam kategori sangat kuat. Hasil tersebut menunjuukan bahwa terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan kedisiplinan. Kata kunci: kecerdasan emosional dan kedisiplinan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Jun 2020 04:49
Last Modified: 11 Jun 2020 04:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68236

Actions (login required)

View Item View Item