PENINGKATKAN KARAKTER KERJASAMA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN GALLERY WALK PADA SISWA KELAS III A SD NEGERI NGOTO KECAMATAN SEWON

Ambarwati, Dewi (2020) PENINGKATKAN KARAKTER KERJASAMA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN GALLERY WALK PADA SISWA KELAS III A SD NEGERI NGOTO KECAMATAN SEWON. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Dewi Ambarwati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter kerjasama siswa pada kelas III A di SD Negeri Ngoto melalui metode gallery walk. Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya karakter kerjasama dan penggunaan metode pembelajaran yang kurang melibatkan kerjasama pada siswa kelas III A SD Negeri Ngoto. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Ngoto, Sewon, Bantul. Subjek penelitin ini yaitu siswa kelas III A yang berjumlah 22 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode gallery walk pada kegiatan belajar mengajar di kelas III A dapat meningkatkan proses pembelajaran pendidikan karakter dan terjadi peningkatan karakter kerjasama siswa. Peningkatan karakter kerjasama ini dapat dilihat dari hasil observasi. Terdapat 5 indikator yang digunakan observasi, setiap indikator mengalami peningkatan. Pra tindakan semua indikator pada kategori kurang baik, siklus 1 pada kategori baik, dan pada siklus 2 pada kategori sangat baik. Adapun hasil observasi pada siklus 1 siswa yang berkategori kerjasama cukup baik berjumlah 4 siswa atau 18%. Siswa dengan kategori kerjasama baik ada 12 siswa atau 55%. Siswa dengan kategori kerjasama sangat baik ada 6 siswa atau 27%. dan mengalami peningkatan pada siklus 2 diketahui bahwa siswa yang berkategori kerjasama baik terdapat 5 siswa atau 23%. Siswa dengan kategori kerjasama sangat baik ada 17 siswa atau 77%. Disimpulkan bahwa menggunakan metode gallery walk dapat meningkatkan proses pembelajaran di kelas dan karakter kerjasama siswa kelas III A SD Negeri Ngoto. Kata Kunci: karakter kerjsama, gallery walk

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Jun 2020 04:36
Last Modified: 11 Jun 2020 04:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68235

Actions (login required)

View Item View Item