PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO-VISUAL KARAOKE GEJAYAN (GERAKAN BELAJAR MENYENANGKAN) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN IPA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA SISWA KELAS II SD NEGERI RANDUSARI KOTAGEDE YOGYAKARTA

Nawangsari, Nada Savitri (2020) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO-VISUAL KARAOKE GEJAYAN (GERAKAN BELAJAR MENYENANGKAN) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN IPA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA SISWA KELAS II SD NEGERI RANDUSARI KOTAGEDE YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Nada Savitri Nawangsari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan pengembangan media audio-visual karaoke “Gejayan” dan menghasilkan media k yang layak untuk meningkatkan pemahaman konsep dalam pembelajaraan tematik muatan IPA untuk siswa kelas II SD Negeri Randusari, Kotagede, Yogyakarta. Jenis penelitian ini yakni penelitian pengembangan, menggunakan metode pengembangan dari Borg dan Gall. Penelitian ini menggunakan tujuh tahapan pengembangan yakni penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk utama, uji coba lapangan utama, dan revisi produk operasional. Subjek dalam uji coba awal yakni lima siswa kelas II SDN Randusari dan dalam uji coba lapangan utama yakni sembilan siswa kelas II SDN Randusari. Tahap pengumpulan data, digunakan teknik observasi dan wawancara, sedangkan dalam pengembangan media dilakukan penilaian oleh ahli materi dan ahli media menggunakan angket serta penilaian berupa angket respon dari siswa dan guru kelas. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat, media audio-visual karaoke “Gejayan” telah dinyatakan layak untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran tematik muatan IPA. Hal ini berdasar hasil yang telah diperoleh dari validasi ahli materi yang menunjukkan bahwa materi dalam media telah sesuai, dan validasi ahli media yang menunjukkan bahwa media dapat digunakan tanpa revisi,. Adapun hasil uji kelayakan media karaoke “Gejayan” yakni: 1) hasil penilaian ahli materi sangat baik (4,55), 2) hasil penilaian ahli media baik (4,04), 3) menurut guru sangat baik (4,88), dan 4) respon siswa sangat baik (99,08%). Berdasar peningkatan hasil penilaian, media juga layak untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Kata kunci: media karaoke “Gejayan”, pemahaman konsep, IPA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Jun 2020 02:48
Last Modified: 11 Jun 2020 02:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68231

Actions (login required)

View Item View Item