PENGARUH BENTUK-BENTUK PERUNDUNGAN DAN KONSEP DIRI TERHADAP PERCAYA DIRI SISWA KELAS V SD SE-GUGUS III KECAMATAN GODEAN KABUPATEN SLEMAN

Ningrum, Wenny Sulistya (2020) PENGARUH BENTUK-BENTUK PERUNDUNGAN DAN KONSEP DIRI TERHADAP PERCAYA DIRI SISWA KELAS V SD SE-GUGUS III KECAMATAN GODEAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Wenny Sulistya Ningrum.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bentuk- bentuk perundungan dan konsep diri secara parsial maupun simultan terhadap percaya diri siswa. Percaya diri adalah kyakinan seseorang pada kemampuannya untuk mencapai tujuan tertentu. Perundungan adalah perilaku intimidasi yang dilakukan seseorang atau sekelompok secara berulang untuk melukai fisik maupun mental korban. Konsep diri adalah proses penilaian diri melalui berbagai pengalaman dan interaksinya dengan lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-Gugus III Kecamatan Godean Kabupaten Sleman yang berjumlah 289 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 168 siswa yang diambil secara acak. Teknik pengumpulan data perundungan, konsep diri, dan percaya diri menggunakan skala psikologi. Instrumen penelitian ini diujicobakan kepada 30 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan rumus indeks daya beda dengan rumus korelasi item total terkoreksi. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan nilai r¹¹ lebih dari sama dengan 0,70. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, linieritas, dan multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengaruh parsial dan uji regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh negatif perundungan terhadap percaya diri, dengan nilai thitung -2,342 dan nilai signifikansi 0,020. 2) Terdapat pengaruh positif konsep diri terhadap percaya diri dengan nilai thitung 4,222 dan nilai signifikansi 0,000. 3) Terdapat pengaruh perundungan dan konsep diri secara bersama-sama terhadap percaya diri, dengan nilai Fhitung sebesar 12,186 dan signifikansi sebesar 0,000. Besarnya koefisien determinasi (R²) sebesar 0,129 atau 12,9%. Hasil ini mengindikasikan bahwa percaya diri dapat dijelaskan oleh variabel perundungan dan konsep diri sebesar 12,9%, sedangkan 87,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata kunci: percaya diri, perundungan, konsep diri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Jun 2020 02:30
Last Modified: 11 Jun 2020 02:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68230

Actions (login required)

View Item View Item