IMPLEMENTASI PUNISHMENT DALAM PENDIDIKAN KARAKTER INTEGRITAS PADA KELAS RENDAH DI SD NEGERI MARGOYASAN

Oktaviandani, Erlina (2020) IMPLEMENTASI PUNISHMENT DALAM PENDIDIKAN KARAKTER INTEGRITAS PADA KELAS RENDAH DI SD NEGERI MARGOYASAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Erlina Oktaviandani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi punishment dalam pendidikan karakter integritas pada kelas rendah di Sekolah Dasar Negeri Margoyasan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum ada penjelasan secara mendalam tentang implementasi punishment yang berdampak berkurangnya pembiasan karakter integritas di SD Negeri Margoyasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas rendah di SD N Margoyasan dengan narasumber kepala sekolah, penjaga sekolah, guru kelas I, kelas II, dan kelas III, serta peserta didik kelas I, kelas II, kelas III. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan model Miles, Huberman, & Saldana meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi karakter integritas di kelas rendah masih terdapat beberapa penyimpangan yang dilakukan oleh peserta didik, kemudian untuk implementasi punishment dalam pendidikan karakter integritas yang diterapkan meliputi: 1) perencanaan implementasi punishment yang terdiri dari menentukan tujuan penerapan punishment dan menentukan jenis punishment yang akan diterapkan; 2) pelaksanaan implementasi punishment yang meliputi lima langkah yaitu pembuatan tata tertib dan peraturan, peneguran peserta didik, pengklarifikasian kesalahan, pemberian hukuman, dan penghentian hukuman. 3) Mengevaluasi implementasi punishment dengan cara dilakukan review oleh kepala sekolah, guru kelas, dan orang tua peserta didik. Kata Kunci: punishment, pendidikan karakter integritas, peserta didik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Jun 2020 02:15
Last Modified: 11 Jun 2020 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68229

Actions (login required)

View Item View Item