Pengembangan Buku Pelajaran Menulis Teks Berdasarkan Struktur Grafis dan Kata Kunci untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs.

Damayantie, Augustia Rahma and Setiawan, Teguh (2020) Pengembangan Buku Pelajaran Menulis Teks Berdasarkan Struktur Grafis dan Kata Kunci untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (995kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan, yaitu pertama, menghasilkan produk buku pelajaran menulis teks berdasarkan struktur grafis dan kata kunci untuk siswa kelas VII SMP/MTs; kedua, mendeskripsikan hasil uji kelayakan produk buku pelajaran menulis teks berdasarkan struktur grafis dan kata kunci untuk siswa kelas VII SMP/MTs. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Reasearch and Development) yang mengacu pada langkah-langkah pengembangan Borg and Gall yang telah disederhanakan meliputi (1) analisis kebutuhan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, dan (4) penilaian dan perevisian produk. Unsur kelayakan produk diuji oleh ahli dan guru, selanjutnya direspon oleh siswa. Penelitian dilakukan di dua sekolah, yaitu SMP Negeri 4 Depok dan SMP Negeri 1 Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket untuk ahli, guru, dan siswa. Data dalam bentuk skala Likert dianalisis dengan cara kuantitatif. Produk yang dikembangkan diuji berdasarkan lima aspek, yaitu (1) materi, (2) bahasa, (3) pembelajaran, (4) penyajian, dan (5) kegrafikan. Hasil penelitian berupa buku pelajaran menulis teks berdasarkan struktur grafis dan kata kunci untuk siswa kelas VII SMP/MTs menunjukkan bahwa produk tersebut ‘sangat layak’. Pernyataan tersebut berdasarkan pemerolehan skor uji kelayakan produk dari ahli, guru, dan siswa. Uji kelayakan oleh ahli (1) materi dengan skor 3.94, (2) bahasa 3.74, (3) pembelajaran 3.90, (4) penyajian 3.47, dan (5) kegrafikan 3.58. Rerata uji kelayakan oleh 4 guru sebesar 3.62. Rerata uji kelayakan berdasarkan respon 32 siswa sebesar 3.43. Berdasarkan hasil tersebut, produk yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai salah satu alternatif penggunaan buku pelajaran menulis teks.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, buku pelajaran, menulis, teks, struktur grafis dan kata kunci
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Jun 2020 04:16
Last Modified: 10 Jun 2020 04:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68222

Actions (login required)

View Item View Item