IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER NASIONALIS DI SDN 04 SIPKANYIN, MONTERADO, BENGKAYANG, KALIMANTAN BARAT

Pertiwi, Latif (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER NASIONALIS DI SDN 04 SIPKANYIN, MONTERADO, BENGKAYANG, KALIMANTAN BARAT. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Latif Pertiwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter nasionalis di SD Negeri 04 Sipkanyin. Implementasi pendidikan karakter nasionalis dilihat dari berbagai aspek yaitu melalui pembelajaran, budaya sekolah, dan pengembangan diri siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas V, dan perwakilan siswa kelas V dan objek penelitian adalah pendidikan karakter nasionalis. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa SD Negeri 04 Sipkanyin telah mengimplementasikan pendidikan karakter nasionalis. Implementasinya melalui pembelajaran, budaya sekolah dan pengembangan diri siswa. Melalui pembelajaran yaitu membuat RPP, pelaksanaan kegiatan dengan mengintegrasikan karakter nasionalis, melakukan penilaian dan evaluasi. Budaya sekolah melalui kultur akademik yaitu pemasangan visi misi sekolah, program adiwiyata. Kultur sosial budaya yaitu 3S, permainan tradisional, dan perayaan hari besar nasional. Kultur demokratis yaitu dengan kerjasama dengan pemandu keagamaan, puskesmas, dinas pendidikan, melaksanakan rapat dan musyawarah. Pengembangan diri siswa melalui kegiatan rutin dengan ekstrakulikuler, literasi, menonton film, piket kelas dan halaman, kerja bakti, apel pagi, menyanyi Indonesia Raya, Lagu wajib nasional, mars sipkanyin, jargon “Aku Anak Indonesia”, operasi semut dan upacara hari Senin. Kegiatan spontan dengan pemberian teguran dan nasehat, pemberian pujian dan pemberian hadiah. Keteladanan melalui guru memberi contoh saat senam, partisipasi kerja bakti, upacara, berpakaian rapi dan bertutur kata baik. Pengondisian melalui penyediaan sarana prasarana, pembuatan taman sekolah, informasi cetak, dan karya siswa. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Nasionalis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 09 Jun 2020 04:41
Last Modified: 09 Jun 2020 04:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68218

Actions (login required)

View Item View Item