HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SE-GUGUS SARWO EDHI WIBOWO KECAMATAN BAYAN KABUPATEN PURWOREJO

Likamulyanti, Ayun (2020) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SE-GUGUS SARWO EDHI WIBOWO KECAMATAN BAYAN KABUPATEN PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Ayun Likamulyanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Hasil belajar kognitif dipengaruhi oleh kecerdasan emosional siswa. Tanpa kecerdasan emosional siswa tidak mampu menggunakan kemampuan kognitif sesuai dengan potensinya. Adanya permasalahan terkait kecerdasan emosional menjadi hambatan siswa dalam mencapai hasil belajar kognitif yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar kognitif siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode expost facto. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Populasi yang digunakan sebanyak 289 siswa. Sampel penelitian yang diambil berdasarkan rumus slovin sebanyak 168 siswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik proportional random sampling. Pada penelitian ini terdapat satu variabel bebas yaitu kecerdasan emosional dan satu variabel terikat yaitu hasil belajar kognitif. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi yaitu skala kecerdasan emosional dan studi dokumen pada variabel hasil belajar kognitif. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan hasil 0,875 untuk variabel kecerdasan emosional. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan pendapat ahli. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan korelasi positif antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar kognitif yaitu r sebesar 0,432 dan p < 0,05. Dengan demikian maka semakin tinggi kecerdasan emosional siswa, maka semakin tinggi pula hasil belajar kognitif yang diperoleh siswa. Kecerdasan emosional siswa kelas IV yang termasuk kategori sedang sebanyak 36,9% dan sebanyak 38,1% siswa yang kategori hasil belajar kognitifnya sedang. Kata kunci: kecerdasan emosional, hasil belajar kognitif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 09 Jun 2020 04:36
Last Modified: 09 Jun 2020 04:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68216

Actions (login required)

View Item View Item