PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BAGI SISWA KELAS V SDN MANDING TENGAH TAHUN AJARAN 2019/2020

Oktiwati, Radita (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BAGI SISWA KELAS V SDN MANDING TENGAH TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Radita Oktiwati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika bagi siswa kelas V SD Negeri Manding Tengah tahun ajaran 2019/2020 menggunakan model pembelajaran kontekstual. Pembelajaran kontekstual dapat menjadikan siswa belajar bukan dengan menghafal, melainkan proses berpengalaman dalam kehidupan nyata. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Mc Tanggart. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Manding Tengah, Trirenggo, Bantul. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Manding Tengah yang berjumlah 22 siswa terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen penelitian adalah soal tes dan lembar observasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Manding Tengah. Berdasarkan tes pada siklus I nilai rata-rata meningkat dari 66,27 menjadi86,77denganketuntasanbelajarmeningkatdari22,73%menjadi86,36%. Pada siklus II, dengan adanya perbaikan pada pembagian kelompok yang heterogen dengan pembagian tugas setiap anggota dapat memaksimalkan kegiatan pada komponen inkuri, bertanya, masyarakat belajar, dan pemodelan. Nilai rata-rata menjadi 89,18 dengan ketuntasan belajar 100%.. Kata kunci: Model Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 09 Jun 2020 04:29
Last Modified: 09 Jun 2020 04:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68215

Actions (login required)

View Item View Item