Pengembangan Model Hipotetik Evaluasi Bantuan Sarana Prasarana SMA.

Hidayah, Fathnuryanti and Zamroni, Zamroni (2020) Pengembangan Model Hipotetik Evaluasi Bantuan Sarana Prasarana SMA. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)

Abstract

Direktorat Pembinaan SMA berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan prasarana SMA telah menggulirkan dana bantuan sarana dan prasarana sejak tahun 2006 dan belum dilakukan evaluasi secara komprehensif. Sehubungan dengan itu, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan mengevaluasi implementasi bantuan sarana dan prasarana SMA untuk dikembangkan model hipotetik evaluasi bantuan sarana dan prasarana SMA. Penelitian evaluatif ini menggunakan Model CIPP dari Stufflebeam terevisi dengan komponen Context, Input, Process, dan Product yang dilengkapi dengan Impact sesuai kebutuhan organisasi. Populasi penelitian sejumlah 6817 sekolah penerima bantuan sarana dan prasarana SMA tahun 2015-2018. Sampel 378 sekolah didapat dari rumus slovin dengan Multi-Stage Sampling berdasarkan pembagian daerah Indonesia. Kuesioner untuk mengumpulkan data kuantitatif, sedangkan wawancara dan observasi untuk mengumpulkan data kualitatif. Kuesioner divalidasi dengan validitas isi yaitu expert judgement menggunakan formula Aiken’s V dan validitas konstruk menggunakan Exploratory Factor Analysis (EFA). Realibilitas kuesioner menggunakan cronbach alpha. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Data dari hasil penelitian tersebut dianalisis dengan menyajikan hasil perhitungan statistik diskriptif berupa tabel frekuensi dan presentase dilengkapi dengan Analisis Multiple Analysis of Variance (Manova). Analisis data kualitatif sebagai pendukung data kuantitatif agar diperoleh deskripsi mendalam tentang implementasi bantuan sarana dan prasarana SMA. Hasil evaluasi terhadap implementasi bantuan sarana dan prasarana SMA secara umum sudah baik ditandai keseluruhan komponen memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan. Hanya pada komponen sustainibilty khususnya keterlibatan alumni dan masyarakat peduli pendidikan serta CSR perusahaan untuk bersama memajukan sekolah masih perlu ditingkatkan. Berdasarkan hasil evaluasi ini dikembangkan model hipotetik evaluasi bantuan sarana dan prasarana SMA yang mencakup komponen Context, Input, Process, Product, Accountability, Effectiveness, Sustainability, dan Impact.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, bantuan sarana dan prasarana, CIPP terevisi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Jun 2020 07:42
Last Modified: 26 Oct 2021 02:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68208

Actions (login required)

View Item View Item