Nilai-nilai Kearifan Lokal Etnis Sasak pada Kehidupan di Sekolah dalam Perspektif Pendidikan Perdamaian.

Habibuddin, Habibuddin and Zamroni, Zamroni (2019) Nilai-nilai Kearifan Lokal Etnis Sasak pada Kehidupan di Sekolah dalam Perspektif Pendidikan Perdamaian. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (935kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Nilai-nilai kearifan lokal belum menjadi sumber untuk membangun perdamaian. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan bentuk, peran, dan fungsi nilai-nilai kearifan lokal etnis Sasak; (2) menganalisis nilai-nilai perdamaian yang terkandung dalam nilai-nilai kearifan lokal etnis Sasak; (3) merefleksikan dan menginterpretasikan proses internalisasi dan aktualisasi nilai-nilai kearifan lokal etnis Sasak di kalangan siswa untuk perdamaian di sekolah. Penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif dengan grounded theory untuk mengungkap nilai-nilai perdamaian dalam nilai-nilai kearifan lokal etnis Sasak dalam mewujudkan perdamaian di sekolah. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Selong dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan langkah-langkah pemeriksaan, yaitu derajat kepercayaan, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Analisis data menggunakan analisis model interaktif dari Miles & Huberman, yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, pengambilan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: (1) bentuk nilai-nilai kearifan lokal etnis Sasak pada kehidupan di sekolah yaitu suatu tatanan ide-ide yang mengatur cara berpikir, berperilaku, dan berbuat, sesuatu yang menjadi keyakinan atas kebenaran dan kebaikan, sesuatu yang tidak nampak namun memberi manfaat, dan sesuatu yang menjadi identitas. Perannya sebagai pengarah, motivasi, perencanaan, dan pengawasan. Fungsinya sebagai pengetahuan, komunikasi, penyesuaian diri seseorang, perekat solidaritas, dan ekspresi; (2) nilai-nilai perdamaian yang terkandung dalam nilai-nilai kearifan lokal etnis Sasak terdiri atas 10 (sepuluh) nilai, yaitu têrpi (disiplin), saling ajinang (saling menghargai), saling saduq (saling percaya), têguq (tanggung jawab), mingêr (kritis, peka) bêsêmêton (persaudaraan), solah pêratêq (baik hati, nirkekerasan), soloh (toleransi), bêdadayan (kerja sama), dan ra’i (empati). Nilai-nilai kearifan lokal etnis Sasak pada kehidupan sekolah ditemukan sebanyak 12 (dua belas) nilai, yaitu patuh (taat), patut (pantas), lŏmboq (tulus, jujur), pacu (kerja keras), têtes (partisipatif), tuna’ (kasih sayang), gêrasaq (ramah), rapah (persatuan), kupu’ (setara), gundêm (musyawarah), rêma (peduli sesama), dan paut (sederhana). Nilai-nilai kearifan lokal etnis Sasak di sekolah dilaksanakan berdasarkan kebijakan pemerintah dan sekolah, melalui pengembangan kurikulum sekolah, fungsi kepala sekolah dan guru, dan mata pelajaran, dan (3) internalisasi nilai-nilai perdamaian dalam nilai-nilai kearifan lokal etnis Sasak di kalangan siswa melalui 4 (empat) indikator, yaitu sebagai suatu proses, kebiasaan, penghayatan diri, dan kesadaran diri, sedangkan aktualisasi nilai-nilai perdamaian dalam nilai-nilai kearifan lokal etnis Sasak melalui 4 (empat) indikator, yaitu pengamalan atau pelaksanaan nilai, cermin kepribadian, penyesuaian diri, dan penyatuan diri.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai kearifan lokal, etnis Sasak, sekolah, pendidikan perdamaian
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Jun 2020 03:51
Last Modified: 28 May 2021 05:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68203

Actions (login required)

View Item View Item