PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KOMIK PADA MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA DI KELAS IV SDN MARGOYASAN YOGYAKARTA

Hamim, Darul (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KOMIK PADA MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA DI KELAS IV SDN MARGOYASAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Darul Hamim.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran IPA berbasis komik pada materi cahaya dan sifat-sifatnya di kelas IV SDN Margoyasan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model Borg & Gall (1983). Namun, karena keterbatasan peneliti, tahapan dalam penelitian ini hanya sampai 9 tahapan. Tahapan yang dilakukan yaitu penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan bentuk produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk utama, uji coba lapangan utama, revisi produk operasional, uji coba lapangan operasional, dan revisi produk akhir. Subjek dalam penelitian pengembangan ini adalah 28 siswa kelas IV SDN Margoyasan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran IPA berbasis komik yang dikembangkan dapat dikatakan layak. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi dari ahli media yang termasuk dalam kriteria sangat baik (4,83), hasil validasi dari ahli materi yang termasuk dalam kriteria baik (3,67), hasil uji coba lapangan awal yang termasuk dalam kriteria sangat baik (4,76), hasil uji coba lapangan utama yang termasuk dalam kriteria sangat baik (4,98), dan hasil uji lapangan operasional yang termasuk dalam kriteria sangat baik (4,48). Hasil uji penggunaan terhadap hasil belajar siswa memperoleh rata-rata peningkatan skor sebesar 16,39 dengan nilai gain memperoleh skor 0,32 yang termasuk dalam kategori sedang. Terpenuhinya kriteria minimal, yaitu kategori baik pada hasil validasi serta uji coba, dan nilai sedang dalam uji coba penggunaan, maka hasil tersebut menjadikan media pembelajaran IPA berbasis komik dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk pembelajaran materi cahaya dan sifat-sifatnya di kelas IV SDN Margoyasan Yogyakarta. Kata kunci: Pembelajaran IPA, Komik, Cahaya dan Sifat-sifatnya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Jun 2020 07:33
Last Modified: 05 Jun 2020 07:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68198

Actions (login required)

View Item View Item