PENGARUH METODE PEMBIASAAN KARTU LAPORAN KEJUJURAN TERHADAP PERILAKU JUJUR SISWA KELAS III SD N SUTOPATI 3 KECAMATAN KAJORAN KABUPATEN MAGELANG

Hapsari, Ega Saras (2020) PENGARUH METODE PEMBIASAAN KARTU LAPORAN KEJUJURAN TERHADAP PERILAKU JUJUR SISWA KELAS III SD N SUTOPATI 3 KECAMATAN KAJORAN KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Ega Saras Hapsari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan dari Metode Pembiasaan Kartu Laporan Kejujuran terharap Perilaku Jujur siswa kelas III SDN Sutopati 3 Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan model noneqivalent pretest-posttest only control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SD N Sutopati 3 Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di SD N Sutopati 3 yang berjumlah 64 siswa. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan adalah dengan metode kuesioner (angket) yang mengukur skala perilaku jujur siswa. Analisis data dilakukan dengan menghitung Gain Skor lalu dilanjutkan dengan Uji Hipotesis untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari kartu laporan kejujuran terhadap perilaku jujur siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku jujur kelas kontrol dikategorikan sedang dengan rata-rata skor posttest 0,483 sedangkan pada kelas eksperimen dikategorikan tinggi dengan rata-rata skor posttest 0,745. Uji hipotesis menghasilkan t hitung sebesar 7,947 dan sig (2-tailed) sebesar 0,000 Hasil ini menunjukkan bahwa metode pembiasaan kartu laporan kejujuran berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku jujur ditunjukkan dengan peningkatan skor pada kelas eksperimen yang lebih tinggi. Kata kunci: metode pembiasaan, perilaku jujur

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Jun 2020 07:26
Last Modified: 05 Jun 2020 07:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68197

Actions (login required)

View Item View Item