Siti Nurjanah W (2012) PENINGKATAN PEMBELAJARAN GULING DEPAN MELALUI PERMAINAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NGANGGRUNG. S1 thesis, FIK.
|
Text
SKRIPSI 315.pdf Download (16MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran senam lantai guling depan melalui permainan pada siswa kelas IV SD Negeri Nganggrung Kecamatan Turi Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam satu siklus. Dalam satu siklus tersebut dengan dua kali tatap muka dan setiap tatap muka dengan alokasi waktu 105 menit. Subjek dalam penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 22 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan naratif. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan pembelajaran senam lantai guling depan melalui permainan dapat meningkat. Peningkatan proses pembelajaran meliputi peningkatan pembelajaran guru, peningkatan partisipasi siswa, dan hasil belajar siswa. Target ketuntasan keterampilan guling depan siswa dalam penelitian ini adalah 75% tetapi siswa yang lebih dari target yang diharapkan peneliti yaitu 77,27%. Dengan demikian tindakan pembelajaran keterampilan guling depan melalui permainan yang diberikan pada siswa kelas IV SD Negeri Nganggrung Turi Sleman, dapat dikatakan berhasil. Kata Kunci : Senam, Guling Depan, Permainan, Siswa SD Kelas IV
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Olahraga |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR) |
Depositing User: | Admin PKR FIK |
Date Deposited: | 20 Mar 2015 03:28 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 16:58 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6818 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |