Studi Kajian Nilai-Nila Karakter Abad 21 Dalam Buku Teks Sejarah Sma Kelas X Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 Di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Juniarti, Deva and Machfauzia, Ayu Niza (2019) Studi Kajian Nilai-Nila Karakter Abad 21 Dalam Buku Teks Sejarah Sma Kelas X Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 Di Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Nilai-nilai karakter abad 21 yang terdapat dalam buku teks menarik untuk digali dan dapat memberikan nilai positif bagi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendiskripsikan: (1) nilai-nilai karakter abad 21 dalam buku tesk Sejarah SMA kelas X terbitan Puskurbuk, Erlangga, dan Yudhistira, (2) penerapan nilai-nilai karakter abad 21 dalam buku teks sejarah SMA kelas X. Jenis penelitian ini merupakan penelitian analsiis konten yang menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yang di gunakan adalah buku teks SMA kelas X dengan kriteria yang banyak digunakan oleh siswa di Daerah Istemewa Yogyakarta. Objek kajian adalah nilai-nilai karakter yang terdapat dalam buku. Sumber data buku teks, observasi dan wawancara. Teknik pengumpulandata pada penelitian ini terdiri atas penentuan unit, Recording/coding, (pencatatan/pengkodean), infrensi, dan mendiskrifsikan. Keabsahan data menggunakan validitas sematik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, (1) Nilai-nilai karakter abad 21 dalam buku teks sejarah SMA kelas X setiap bab memiliki tema kemunculan nilai karakter yang berbeda. Terdapat 18 nilai karakter yang di tanamkan dalam diri peserta didik dari kemendiknas. Dalam buku teks sejarah terbitan Puskurbuk, kemendikbud, Erlangga, dan terbitan Yudhistira sudah memuat nilai karakter dari setiap komponen. Materi dari ketiga buku teks sudah menekankan nilai karakter dari setiap KI dan KD meskipun nilai karakter yang muncul dari ke 18 nilai karakter belum tersebar merata. Nilai karakter abad 21 dari Komisi Internasional UNESCO sesuai dengan nilai karakter yang ada dalam ketiga buku teks sejarah meskipun dari nilai penuh perhatian, rasa ingin tahu, keberanian, ketahanan, etika dan kepemimpinan masih ada yang belum memuat makna nilai karakter. (2) Penerapan nilai karakter dalam buku teks sejarah SMA kelas X yaitu nilai karakter abad 21 sudah diterapkan di pada peserta didik. Terkait nilai karakter abad 21 motivasi, displin, kejujuran dan tanggung jawab, dan peserta didik sudah baik.Disamping itu juga materi sejarah tidak hanya tentang masa lampau, namun pembelajaran sejarah dengan lebih menekankan makna nilai-nilai karakter akan lebih memberikan rasa syukur dan tanggung jawab terhadap kebudayaan di Indonesia. Peserta didik agar lebih semangat salah satunya adalah dengan buku teks sebagai acuan atau sebagai guru bagi kehidupan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kajian Nilai-Nilai Karakter Abad 21, Buku Teks Sejarah Indonesia.
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 May 2020 03:35
Last Modified: 04 May 2020 03:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68112

Actions (login required)

View Item View Item