UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS II SDN DELEGAN 2

Ratih, Ratna Dwi (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS II SDN DELEGAN 2. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Ratna Dwi Ratih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika bagi siswa kelas II SD Negeri Delegan 2 tahun ajaran 2019/2020 menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR). Keunggulan PMR yaitu siswa diperkenalkan masuk dalam matematika secara alamiah, pembelajaran dari masalah kontektual, mengalami langsung pengalaman belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Delegan 2 yang berjumlah 25 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrument penelitian menggunakan soal tes dan lembar observasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan adalah 75% dari jumlah siswa telah mencapai KKM yang ditentukan ≥ 70. Hasil penelitian dengan menerapkan pendekatan pendidikan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar mateamtika siswa kelas II SDN Delegan 2. Berdasarkan tes pada siklus I nilai rata-rata meningkat dari 64,48 menjadi 73,2 dengan ketuntasan belajar meningkat dari 40% menjadi 68%. Pada siklus II, dengan adanya perbaikan pada memfokuskan perhatian siswa dengan membaca ulang permasalahan, membagi siswa dalam kelompok yang lebih kecil, memberikan bimbingan dan motivasi, memberikan pertanyaan, dan menunjuk siswa untuk menyampaikan kesimpulan. Nilai rata-rata menjadi 82,52 dengan ketuntasan belajar 92%. Peningkatan aktivitas siswa pada siklus I mencapai 70% dan pada siklus II menjadi 95%. Kata kunci: Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik, Hasil belajar matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 22 Apr 2020 08:39
Last Modified: 22 Apr 2020 08:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68078

Actions (login required)

View Item View Item