Pengembangan Buku Cerita Bilingual untuk Meningkatkan Pemerolehan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun.

Mariyam, Siti Nurfalah and Musfiroh, Tadkiroatun (2019) Pengembangan Buku Cerita Bilingual untuk Meningkatkan Pemerolehan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (710kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan buku cerita bilingual yang memenuhi kriteria kelayakan dan (2) mengetahui keefektifan buku cerita bilingual yang dihasilkan tersebut untuk meningkatkan pemerolehan kosakata bahasa Inggris anak usia 5-6 tahun. Pengembangan ini mengacu pada model pengembangan Borg & Gall (1983). Tahap penelitian menggunakan tujuh dari 10 langkah model pengembangan Borg & Gall, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan format produk, (4) uji coba pendahuluan, (5) revisi uji coba pendahuluan, (6) uji coba lapangan utama, (7) revisi akhir. Subjek uji coba pendahuluan sebanyak 12 anak dan dua orang guru pada satu sekolah. Subjek uji coba lapangan utama sebanyak 60 anak dan delapan orang guru pada tiga sekolah yang berbeda. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian produk buku cerita bergambar, angket respon guru, angket respon anak, dan tes pemerolehan kosakata bahasa Inggris anak. Analisi data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Buku cerita bilingual yang dihasilkan untuk meningkatkan pemerolehan kosakata bahasa Inggris anak usia 5- 6 tahun memenuhi kriteria kelayakan menurut ahli materi, ahli bahasa dan ahli media, serta berada pada kriteria layak pada uji coba pendahuluan dan sangat layak pada uji coba lapangan utama. (2) Terdapat perbedaan hasil nilai post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen terdapat anak yang berada pada kategori “Cukup” dengan frekuensi 10 anak, dan pada kategori “Baik” dengan frekuensi 20 anak. Adapun pada kelompok kontrol, terdapat anak yang berada pada kategori “Kurang” dengan frekuensi 1 anak, pada kategori “Cukup” dengan frekuensi 27 anak, dan pada kategori “Baik” dengan frekuensi 2 anak.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: anak usia dini, buku cerita, kosakata bahasa asing, pemerolehan kosakata
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Apr 2020 16:41
Last Modified: 01 Apr 2020 16:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68021

Actions (login required)

View Item View Item