Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Budaya Minangkabau untuk Meningkatkan Pengetahuan Agama dan Moral Anak Usia 5-6 Tahun.

Marini, Tria and Rukiyati, Rukiyati (2019) Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Budaya Minangkabau untuk Meningkatkan Pengetahuan Agama dan Moral Anak Usia 5-6 Tahun. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media buku cerita bergambar yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini, (2) mengetahui keefektifan media buku cerita bergambar berbasis budaya Minangkabau terhadap kemampuan pengetahuan agama dan moral anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi langkah dari Borg & Gall yang disederhanakan menjadi 7 langkah pengembangan yang terdiri dari: (1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan infromasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan format awal produk, (4) uji coba lapangan tahap awal, (5) revisi produk hasil uji coba lapangan tahap awal, (6) uji lapangan utama, (7) revisi produk akhir. Subjek uji coba lapangan awal sebanyak 15 anak dari satu sekolah. Subjek uji coba lapangan utama sebanyak 45 anak dari tiga sekolah. Instrumen pengumpulan data adalah angket dan lembar observasi. Teknik analisis data uji efektivitas yang digunakan adalah uji Paired Sample t-Test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini berupa media buku cerita bergambar berbasis budaya Minangkabau dan buku panduan pelaksanaan penggunaan media. Buku cerita tersebut terdiri dari dua seri yang berukuran A3 yang didalamnya terdapat dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Minang. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli dan praktisi menyimpulkan bahwa produk yang dikembangkan masuk kategori “sangat layak” setelah melalui beberapa kali revisi dan perbaikan. Buku cerita yang dikembangkan tersebut efektif dalam mengembangkan pengetahuan agama dan moral anak usia 5-6 tahun, yang terlihat dari nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terjadi perubahan yang signifikan antara pengetahuan agama dan moral anak sebelum dan sesudah diberikan perlakuan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: anak usia 5-6 tahun, buku cerita bergambar, pengetahuan agama dan moral
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Apr 2020 16:46
Last Modified: 01 Apr 2020 16:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68019

Actions (login required)

View Item View Item