MOTIVASI SISWA YANG MEMILIH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ATLETIK MTs ALI MAKSUM

Indrayana, Andika Saputra (2020) MOTIVASI SISWA YANG MEMILIH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ATLETIK MTs ALI MAKSUM. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi-andika saputra indrayana-16601241032.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar motivasi siswa yang memilih kegiatan ekstrakurikuler atletik MTs Ali Maksum. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan metode survai dengan teknik pengambilan data berupa angket. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa yang memilih kegiatan ekstrakurikuler atletik, sedangkan teknik samplingnya menggunakan total sampling sehingga sampel dalam penelitian ini yaitu siswa anggota ekstrakurikuler atletik yang berjumlah 77 siswa. Akan tetapi saat penelitian berlangsung anggota ekstrakurikuler yang hadir hanya berjumlah 50 peserta didik, maka dari itu teknik sampling menjadi incidental sampling. Setelah uji validitas instrumen terdapat 9 butir pernyataan gugur. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dan memperoleh reliabilitas sebesar 0.992. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan presentase. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa motivasi siswa yang memilih kegiatan ekstrakurikuler atletik di MTs Ali Maksum Yogyakarta berada pada kategori “sangat rendah” sebesar 6,00% (3 peserta didik), “rendah” sebesar 24,00% (12 peserta didik), “cukup” sebesar 46,00% (23 peserta didik), “tinggi” sebesar 18,00% (9 peserta didik), dan “sangat tinggi” sebesar 6,00% (3 peserta didik). Berdasarkan nilai rata-rata, yaitu 201,98, dalam kategori “cukup”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi siswa yang memilih kegiatan ekstrakurikuler atletik MTs Ali Maksum secara keseluruhan adalah cukup.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Drs. Eddy Purnomo, M.Kes., AIFO (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: motivasi, ekstrakurikuler, atletik
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 Mar 2020 03:25
Last Modified: 24 Mar 2020 03:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67994

Actions (login required)

View Item View Item