Peran Teman Sebaya Dalam Pembentukan Karakter Siswa MTs (Madrasah Tsanawiyah)

Sudrajat, Ajat and Kurniawan, Yusuf (2017) Peran Teman Sebaya Dalam Pembentukan Karakter Siswa MTs (Madrasah Tsanawiyah). Socia : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14 (2). pp. 149-163. ISSN 2549-9475

[img]
Preview
Text
AJAT - Peran teman sebaya dalam pembentukan karakter siswa madrasah - 2018.pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran teman sebaya dalam pembentukan karakter siswa di MTs YAPI Pakem. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi. Analisis data menggunakan analisis model yang dikembangkan oleh Miles & Huberman. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. 1. Teman sebaya memiliki berbagai peran penting bagi siswa MTs YAPI Pakem, yaitu: a. memberikan dukungan terhadap siswa, b. mengajarkan berbagai ketrampilan sosial, c. menjadi agen sosialisasi bagi siswa, dan d. menjadi model atau contoh berperilaku bagi siswa lain. 2. Teman sebaya memiliki peran dalam membentuk berbagai karakter siswa, yaitu religius, toleransi, disiplin, kerja keras, rasa ingin tahu, bersahabat, peduli lingkungan, peduli sosial, membangkang, dan agresif. Kata kunci: siswa, kelompok teman sebaya, sekolah.

Item Type: Article
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Agama
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Ilmu Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 23 Mar 2020 04:09
Last Modified: 23 Mar 2020 04:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67990

Actions (login required)

View Item View Item