Penanaman nilai-nilai religius di madrasah aliyah Nahdlatul Wathan Pancor Lombok Timur Nusa Tenggara Barat

Sudrajat, Ajat and Manan, Abd. Latif and Kuntoro, Sodiq A. (2017) Penanaman nilai-nilai religius di madrasah aliyah Nahdlatul Wathan Pancor Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pembangunan Pendidikan : Fondasi dan Aplikasi, 5 (2). pp. 210-222. ISSN 2502-1648

[img]
Preview
Text
AJAT - PENANAMANNILAI-NILAI RELIGIUS DI MADRASAH ALIYAH NAHDLATUL WATHAN PANCOR LOMBOK TIMUR NUSA TENGGARA BARAT - 2017.pdf

Download (398kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk; (1) mengetahui dan mengkaji upaya penanaman nilai-nilai religius di Madrasah Aliyah Nahdlatul Wathan Pancor Lombok Timur; (2) menganalisis faktor-faktor penghambat pengembangan nilai-nilai religius di Madrasah Aliyah Nahdlatul Wathan Pancor Lombok Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Nahdlatul Wathan Kelurahan Pancor Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, penarikan serta pengujian kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penanaman nilai-nilai religius di Madrasah Aliyah Nahdlatul Wathan Pancor ditempuh melalui beberapa upaya, yakni: (a) melalui kegiatan belajar mengajar di dalam kelas maupun di luar kelas melalui kegiatan keagamaan; (b) menggunakan berbagai strategi; serta (c) menjalin kerja sama sekolah dengan orang tua siswa; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi penanaman nilai-nilai religius berasal dari faktor guru, siswa, dan orang tua siswa. Kata kunci: nilai, religius, perilaku keagamaan siswa

Item Type: Article
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Agama
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Ilmu Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 23 Mar 2020 03:30
Last Modified: 23 Mar 2020 03:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67985

Actions (login required)

View Item View Item