PENINGKATAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN IPS TERPADU MODEL NESTED DI SMP NEGERI 3 BANGUNTAPAN BANTUL

Sudrajat, Ajat and Sofli, Sofli (2014) PENINGKATAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN IPS TERPADU MODEL NESTED DI SMP NEGERI 3 BANGUNTAPAN BANTUL. Harmoni Sosial : Jurnal Pendidikan IPS, 1 (1). pp. 83-95. ISSN 2460-7916

[img]
Preview
Text
AJAT - PENINGKATAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN IPS TERPADU MODEL NESTED DI SMP NEGERI 3 BANGUNTAPAN BANTUL -2013.pdf

Download (564kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan karakter peserta didik melaluipembelajaran IPS terpadu model nested di kelas, (2) meningkatkan keterampilan peserta didik,dan (3) meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui pembelajaran IPS terpadu model nested.Subjek penelitian adalah 26 orang peserta didik kelas VII G SMP N 3 Banguntapan, Bantul tahun pembelajaran 2013/2014.Untuk mengungkap karakter menggunakan teknik observasi, angket, dokumentasi dan wawancara.Untuk mengungkap keterampilan menggunakan teknik observasi.Untuk mengungkap hasil belajar menggunakan tes dan dokumentasi.Tindakan yang dilakukan meliputi inkulkasi, permodelan, fasilitasi, dan pengembangan keterampilan. Penggunaan model nested untuk memudahkan pada pendekatan komprehensif dan terintegrasi dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus.Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1)Ada peningkatan karakter peserta didik berdasarkan hasil observasi. Pada siklus I karakter peserta didik 60%; siklus II 74%; dan siklus III 83,55%. Ada peningkatan karakter peserta didik berdasarkan hasil angket. Pada siklus I 83,41; siklus II 84,70; dan siklus III 85,73. (2) Ada peningkatan keterampilan peserta didik pada pembelajaran IPS Terpadu Model Nested. Pada siklus I 56,15; siklus II 68,46; dan siklus III 71,15. (3) Ada peningkatan nilai tes peserta didik pada pembelajaran IPS Terpadu Model Nested. Pada siklus I nilai tes peserta didik 69,60; siklus II 77,69; dan siklus III 76,92. Kata Kunci: karakter, terpadu, model nested, hasil belajar IPS.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Ilmu Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 23 Mar 2020 03:10
Last Modified: 23 Mar 2020 03:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67984

Actions (login required)

View Item View Item